Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan



Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan | Assalamualaikum…. Apakah Anda sedang mencari cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan? Bau amis menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang malas mengonsumsi ikan, selain karena alergi.

Banyak yang sangat terganggu jika sedang ingin menikmati hidangan dari ikan namun tercium bau amis dari ikan.Tapi sekarang, Anda bisa mensiasatinya. Coba ikuti beberapa tips menghilangkan bau amis ikan berikut ini.
cara mrnghilangkan bau amis

Bersihkan Ikan


Buang semua organ dalam, sirip, dan membran putih yang terdapat di dalam rongga perut ikan. Buang juga insangnya, karena bau amis ikan yang sangat kuat berasal dari ini.

Susu


Kalau masih terasa bau amis, coba gunakan susu. Protein dalam susu mengikat kandungan trimetilamin dalam ikan. Tuang susu secukupnya ke dalam wadah yang berisi ikan hingga semua bagian ikan terendam. Diamkan selama 20 menit, kemudian keluarkan ikan dan keringkan.

Bumbui Ikan



Cara lain adalah untuk menghilangkan bau amis adalah dengan membumbui ikan. Misalnya, campuran dari air perasan jeruk nipis, soy sauce, bubuk mustard, bawang putih, bubuk lada, daun bawang atau bawang merah, gula merah, dan 1/3 mangkuk minyak zaitun. Masukkan fillet ikan ke dalam campuran tersebut dan diamkan selama satu jam, atau kalau ikan bentuknya utuh diamkan selama 20 menit. Simpan di dalam kulkas agar menghindari tumbuhnya bakteri. Setelah itu ikan siap untuk diolah menjadi beragam menu.

 Arang Kayu




Cara menghilangkan bau amis ini biasa digunakan untuk ikan basa, ikan lele, dan belut. Gosokkan arang kayu di seluruh permukaan tubuh ikan hingga lendirnya hilang. Lendir ikan juga merupakan salah satu penyebab bau amis yang menyengat. Jika tidak memiliki arang kayu, bisa juga diganti dengan menggunakan air panas. Setelah air panas disiramkan ke badan ikan, lalu gunakan pisau untuk membersihkan seluruh permukaan tubuh ikan hingga lendirnya luntur.

Garam


Setelah ikan dicuci bersih, usapkan garam ke seluruh badan ikan. Diamkan sekitar lima menit, lalu cuci bersih ikan di bawah air mengalir.

Jahe


Selain dapat menghilangkan bau amis ikan, jahe juga dapat menambahkan rasa dan menghilangkan racun pada ikan. Jahe hanya perlu ditumbuk, kemudian diolesi ke seluruh tubuh ikan. Diamkan sekitar 30 menit sebelum dimasak.

Cuka

 


Cuka merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan. Cuka dapat membantu menghilangkan 50% bau amis ikan. Cukup campurkan cuka dengan air, lalu rendam ikan dalam campuran tersebut selama lima menit. Setelah itu, keringkan ikan dan lanjutkan proses pengolahannya.

Lemon

 

Lemon memiliki fungsi yang sama dengan cuka dalam menghilangkan bau amis ikan. Caranya mudah, cukup lumuri ikan dengan lemon dan diamkan beberapa menit. Setelah itu keringkan ikan menggunakan kain kering.

Gula

 

Lumuri seluruh permukaan badan ikan dengan gula, lalu diamkan selama 3-5 menit. Kemudian cuci bersih ikan.

Pilihan Lain

 

Pilihan lain untuk menghilangkan bau amis ikan adalah direndam dengan menggunakan anggur merah atau jeruk nipis. Jika fillet ikan tipis hanya perlu direndam selama 10 menit, sedangkan jika fillet ikan tebal bisa direndam lebih lama, yakni selama 20 menit. Terlalu lama merendam ikan akan membuat teksturnya menjadi lembek. Cara lain, masak ikan di atas panggangan. Aroma asap yang akan menutupi bau amis Atau, gunakan saja minyak wijen dalam proses pengolahannya. Minyak wijen bisa menghilangkan bau amis dengan cepat.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Wassalamualaikum…
Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan"

Back To Top