Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Mengenal Google AdSense

google adsense
 
Bagi Anda yang sudah terlebih dahulu terjun di dunia blog tentunya sudah paham dengan Google AdSense. Namun bagi Anda yang baru memulai membuat blog dan ingin menghasilkan uang dari internet, Anda bisa belajar mengenal Google AdSense. Apa itu Google AdSense? Kata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Meskipun Anda sendiri belum pernah mengaplikasikan dan memperoleh manfaat darinya. AdSense merupakan sebuah program layanan iklan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Keberadaan program AdSense memungkinkan masyarakat di seluruh dunia memperoleh informasi yang dibutuhkan mengenai produk-produk yang diinginkan dan tempat-tempat yang menyediakan sehingga dapat melakukan transaksi secara online tanpa terhalang oleh jarak dan waktu.

Dengan kata lain, AdSense mempermudah penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi tanpa batas waktu dan tempat. AdSense dinilai sebagai suatu metode yang efektif untuk beriklan di blog atau website karena tampilannya dianggap tidak mengganggu dan isi atau materi iklannya juga disesuaikan dengan konten website. Google biasanya menampilkan AdSense pada hasil pencarian informasi mengenai produk tertentu. Misalnya Anda mencari informasi mengenai produk furniture dan mengetikan kata ‘furniture’ sebagai kata kunci pencarian, maka pada hasil pencarian google akan menampilkan iklan yang dikemas dalam sponsored links.

Link-link yang tercakup dalam sponsored links merupakan link-link dari website persahaan yang telah terdaftar sebagai mitra google. Oleh sebab itu, link-link tersebut ditempatkan secara eksklusif dalam sponsores links dengan maksud agar pencari informasi lebih tertarik untuk mengklik link-link yang direkomendasikan oleh Google. Apabila Anda mengklik salah satu dari link tersebut, maka Anda langsung dibawa ke website yang menampilkan promo lengkap berkenaan dengan produk yang Anda cari.

Dalam program AdSense, Google memberikan kesempatan kepada para pemilik blog atau website untuk mendaftarkan diri sebagai anggota program AdSense sebagai publisher iklan-iklan mereka. Bagi pemilik blog atau website yang keanggotaanya disetujui oleh Google diperkenankan untuk memasang unit klan tersebut setelah ditentukan Google. Hal ini mengindikasikan bahwa iklan-iklan Google tidak hanya bisa Anda temui pada hasil pencarian, tetapi juga pada blog atau website yang pemiliknya telah terdaftar sebagai anggota program ini.

Google akan memeberikan kompensasi atau komisi atas pemasangan iklan-iklannya kepada pemilik blog atau website. Kompensasi tersebut diberikan berdasarkan system pay per click. Artinya pemilik blog atau website hanya akan memperoleh pembayaran dari Google apabila iklan yang ditampilkannya di klik oleh pengunjung situs. Besarnya tarif pay per click untu setiap iklan bervariasi tergantung pada jenis produknya. Selain iklan-iklan yang komisinya dibayar dengan system pay per click, Google juga menyediakan iklan untuk pencarian (AdSense for search). Pada iklan pencarian ini, pemilik blog atau website diperbolehkan untuk memasak kotak pencarian google di halaman situsnya. Dalam jenis iklan ini, Google akan memberikan komisi atau pembagian keuntungan kepada pemilik blog atau website apabila pengunjung situs melakukan pencarian melalui kotak pencarian tersebut.

Unit-unit iklan yang ditampilkan dapat dibedakan menjadi 3 tipe yakni teks, image, dan kombinasi antara teks dengan image. Pemasangan unit iklan untuk masing-masing iklan pada halaman blog atau website tergantung pada keinginan dari pemilik situs yang bersangkutan. Dalam sebuah halaman blog atau website, Anda bisa memasang ketiga tipe iklan tersebut sekaligus. Namun, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai tampilan unit-unit iklan Google tersebut justru lebih mendominasi konten blog atau website Anda.

Ditinjau dari bentuknya, iklam-iklan Google juga dapat ditampilkan seperti banner, skyscraper dan leaderboard. Iklan berbentuk banner biasanya ditampilkan atau diletakan di bagian bawah halaman blog atau website. Bentuk iklan skyscraper umumnya diletakkan di sisi kanan atua kiri halaman blog atau website karena ukurannya yang memanjang dari atas ke bawah. Sementara iklan dengan bentuk leaderboard biasanya bisa Anda temui di bagian atas halaman blog atau website.

Nah,, itulah penjelasan tentang Google AdSense. Semoga bisa menambah wawasan Anda.
Tag : Bisnis
0 Komentar untuk "Mengenal Google AdSense"

Back To Top